PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PLAKAT PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BASIS SAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37197Keywords:
Penerapan model Guided Discovery, Alat Peraga Plakat, Bilangan BerpangkatAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan Alat peraga Plakat pada materi Bilangan Berpangkat Basis Sama Di Kelas IX SMP Negeri 1 Sarmi Suasana pembelajaran yang terjadi di kelas sangat penting dalam menunjang pemahaman peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar Keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan alat peraga plakat, lembar observasi peserta didik, dan tes individu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari observasi guru diperoleh kategori sangat baik, hasil observasi peserta didik diperoleh kategori sangat aktif. Selanjutnya tes individu juga menunjukkan nilai rata-rata 74,9 yang melampaui nilai KKMReferences
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Volume II Nomor 1 Edisi Januari-Juli.
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
B. Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Donni Juni Priansa, A. S. (2015). manajemen peserta didik dan model pembelajaran. 150- 152.
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.
Estiningsih, Elly. (1994). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengajar MatematikaSD. Yogyakarta: PPPG Matematik
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saputra, Y., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Sitanggang, Ahmadin. 2013. Alat Peraga Matematika Sederhana Untuk Sekolah Dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidika (LPMP) Sumatra Utara.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suwangsih dan Tiurlina (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thobroni, M. dan Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wawancara dan Praktik Pembelajaran dalam Pengemabangan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yaumi, M. & Hum, M. (2014). Prinsip - Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Teresa Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.