PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PLAKAT PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BASIS SAMA

Authors

  • Agnes Teresa Panjaitan Universitas Cenderawasih
  • Pitriana Tandililing Universitas Cenderawasih
  • Elsi Sirampun Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37197

Keywords:

Penerapan model Guided Discovery, Alat Peraga Plakat, Bilangan Berpangkat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan Alat peraga Plakat pada materi Bilangan Berpangkat Basis Sama Di Kelas IX SMP Negeri 1 Sarmi Suasana pembelajaran yang terjadi di kelas sangat penting dalam menunjang  pemahaman peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar Keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan alat peraga plakat, lembar observasi peserta didik, dan tes individu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari observasi guru diperoleh kategori sangat baik, hasil observasi peserta didik diperoleh kategori sangat aktif. Selanjutnya tes individu juga menunjukkan nilai rata-rata 74,9 yang melampaui nilai KKM

References

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Volume II Nomor 1 Edisi Januari-Juli.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

B. Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Donni Juni Priansa, A. S. (2015). manajemen peserta didik dan model pembelajaran. 150- 152.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.

Estiningsih, Elly. (1994). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengajar MatematikaSD. Yogyakarta: PPPG Matematik

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saputra, Y., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Sitanggang, Ahmadin. 2013. Alat Peraga Matematika Sederhana Untuk Sekolah Dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidika (LPMP) Sumatra Utara.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suwangsih dan Tiurlina (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thobroni, M. dan Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wawancara dan Praktik Pembelajaran dalam Pengemabangan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi, M. & Hum, M. (2014). Prinsip - Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Panjaitan, A. T. ., Tandililing, P. ., & Sirampun, E. . (2024). PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PLAKAT PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BASIS SAMA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16107–16110. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37197