PERANAN MAJELIS TAKLIM AL-IKHLAS SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL DI DESA TABA PASMAH KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22553Keywords:
Majlis Taklim, Pendidikan, IslamAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berfokus untuk memberikan gambaran mengenai peran majlis taklim Al-Ikhlas sebagai pendidikan non formal dengan program-program yang dijalankannya. Sampel penelitian terdiri dari seluruh anggota majlis taklim Al-Ikhlas yang berjumlah 40 orang. Analisis data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majelis Taklim Al-Ikhlas Desa Taba Pasmah Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Non Formal memiliki peranan sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan kehidupan beragama dalam rangka membentuk mayarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, mendapatkan ridhonya Allah, memperluas ilmu, wawasan, dan pengetahuan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan non formal yang memiliki ciri khas keagamaan, Majelis Taklim memiliki peran yang sangat strategis dalam menjalankan fungsinya untuk mendidik dan memberikan pelayanan kepada umat dengan program-programnya yaitu: Majelis Taklim Sebagai Wadah mempelajari Al-Qur’an, Sebagai wadah untuk menambah wawasan ilmu agama islam, Kesenian Berzanji Dan Marhaban, Pengajian Rutin antar desa, Kegiatan Sosial, Kerja Sama dengan Organisasi lain seperti Muslimat NU.References
Abdul, Siti, R. (2014). Tahap Pengetahuan dan Minat Remaja Terhadap Seni Barzanji dan Marhaban: Kajian di Kalangan Pelajar SMKA Negeri Johor. 1, 61–66.
Alimni, Alfauzan, M. (2018). Pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter toleransi di mi plus nur rahman kota bengkulu.
Alimni, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Bersih Desa di Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. 4, 135–145.
Alimni dan hamdani. (2021). Peran Perempuan dalam Dunia Pendidikan pada Masa Rasulullah SAW. Jurnal Hawa, 3(1), 53–62.
Falikh, A., & Si, M. (2011). MAJELIS TA ’ LIM?: PENDIDIKAN AGAMA DAN PEMBERD , AYAAN MASYARAKAT. Dedikasi, Vol. 2 No.
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.
Muslim. (2020). Kebangkitan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Non Formal: Majelis Ta’lim. 4(3), 247–264.
Nugrahani, F. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Nurainah. (2018). Peran Majlis Taklim Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Serambi Tarbawi, Vol. 9, No, 105–118.
Rosidi, A. (2022). MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL Al-QUR’AN. 67–101.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan.
Zaini Dahlan. (2019). Peran dan kedudukan majelis taklim di indonesia. II(2), 252–276.
Zaman, B. (2020). PERAN MAJELIS TAKLIM. 14, 369–392.
Zulmuqim, N. (2022). Permata?: Jurnal Pendidikan Agama Islam Majelis Ta ’ lim?: Analisis Tentang Keberadaan , Perkembangan dan Tantangan Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. 3, 205–217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Friti Sulastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




