SURVEI KEPUASAAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMATIKA DI ISB ATMA LUHUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22166Keywords:
Kepuasan Mahasiswa, Angket, PengajaranAbstract
Permasalahan utama penelitian ini adalah melihat berapa besar tingkat kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja dosen yang ditinjau dari beberapa aspek, yaitu pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat (PKM), dan aspek penilaian atasan untuk kinerja dosen. Aspek utama yang menggambarkan kepuasaan mahasiswa dilihat dari aspek pengajaran, karena pengajaran terhubung langsung dengan mahasiswa. Penelitian ini merupakan hasil survei kepuasaan dengan instrumen berupa angket yang memuat lima variabel sebagai indikator kinerja dosen. Kelima variabel tersebut yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan kecukupan. Penelitian ini dilakukan di lingkup kerja Fakultas Teknologi Informatika (FTI) ISB Atma Luhur Pangkalpinang dengan subyek penelitian adalah mahasiswa aktif di dua Program Studi yaitu Prodi Teknik Informatika dan Prodi Sistem Informasi. Data diperoleh dari Bagian Sistem Informasi Akademik dari tahun 2019 sampai 2023. Berdasarkan pengolahan data tersebut didapatkan bahwa rerata kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja hasil penelitian menunjukkan kualitas pengajaran dosen yang baik. Meskipun demikian, adanya fluktuasi, terutama pada indikator keandalan tahun 2022 ganjil untuk Prodi Teknik Informatika, menunjukkan perlunya evaluasi dan upaya perbaikan terus-menerus dalam memberikan pengajaran yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas pengajaran dosen di Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi mengalami peningkatan atau stabil dari tahun ke tahun. Namun, terdapat fluktuasi yang perlu mendapatkan perhatian khusus.References
Arimawati, Renata, and Indi Djastuti. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.” Diponegoro Journal Of Management 2(2):1–9.
Cahyani, Galuh Herlina Novia, and Syunu Trihantoyo. 2020. “Pengaruh Kinerja Dosen Dan Layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 08(02):50–60.
Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES). doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.
Indiworo, Hawik Ervina, and Novika Wahyuhastuti. 2018. “Faktor-Faktor Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Perempuan.” Journal of Management Dan Bisnis 1(1):46–56.
Marthalina. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta.” Jurnal MSDM 5(1):1–18.
Mulyawan, Ali, and Rinawati. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Loyalitas Mahasiswa.” Jurnal Ekonomi, Bisnis &Entrepreneurship 10(2):119–31.
Setiadi, Henky. 2021. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi.” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 10(03):497–511.
Sulastri, Tuti. 2016. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen.” Jurnal Optimal 10(2):167–84.
Sutariah, Farliana. 2017. “Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC Di Cikarang.” Jurnal String 2(1).
Taman, Abdullah, Sukirno, Ngadiri Setiawan, and Adeng Pustikaningsih. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Nominal 2(1):99–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Saftari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.