ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (KMB) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGGRIS DI SMA NEGERI 1 LEWOLEMA

Authors

  • Germana Oreng Ritan Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Bartoldus Sora Leba Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Ummi Qalsum Arif Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21467

Keywords:

Bahasa Inggris, Kurikulum Merdeka Belajar, Penerapan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan probelamtikan yang dialami oleh guru bahasa Inggris maupun peserta didik dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar.penelitian ini merupahkan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif fenomenologi yang berbasis pada pengkajian melalui pengalaman sosial subjek yang diteliti.data penelitian ini diperoleh melalui intervie, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru matapelajaran bahasa Ingris dan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lewolema. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan KMB di SMA Negeri 1 Lewolema masih memiliki beberapa problem yakni ketersediaan fasilitas pendiukung dan aksesibilitas teknologi bahan ajar belum memadai. Selain itu, SDM guru dan siswa tentang KMB masih kurang, SDM guru dan peserta didik dan juga buku referensi juga masih sangat kurang.

References

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan diIndonesia dari Masa ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah danKajianSejarah, 3(2), 102-108.

DirektoratJenderalPendidikanAdvokasi.(2022).KemendikbudristekLuncurkanKurikulumMerdeka dan Platform Merdeka Mengajar.Acara Merdeka Belajar Episode 15. Jakarta: Dikjen Dikti. Dikutip darihttps://vokasi.kemdikbud.go.id

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336.

Mahrus.(2021).ManajemenKurikulum&PembelajarandalamSistemPendidikanNasional.JIEMAN:JournalofIslamicEducationalManagement,3(1),41-80

Mahrus. (2021). Manajemen Kurikulum & Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional.JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.RemajaRosdakaya.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Matematika Daring. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika,11(2), 281-292.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SistemPendidikanNasional. (2003). Jakarta

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Ritan, G. O. ., Leba, B. S. ., & Arif, U. Q. . (2023). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (KMB) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGGRIS DI SMA NEGERI 1 LEWOLEMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2472–2475. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21467