GAMBARAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21444Keywords:
Perilaku Bullying Verbal, RemajaAbstract
Maraknya terjadi perilaku bullying menjadi sorotan dikalangan remaja terutama bullying verbal. Bullying verbal adalah suatu bentuk kekerasan yang menggunakan kata-kata atau ucapan, seperti pelecehan, penghinaan, ejekan pemanggilan nama, kemampuan fisik, ras, etnis yang dilakukan oleh remaja (peserta didik) baik laki-laki ataupun perempuan secara berulang kali. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran perilaku bullying verbal pada remaja. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sample adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dalam penelitian ini peneliti memilih sampel dengan kriteria di mana remaja yang menjadi korban bullying verbal, dan remaja berusia 12-14 tahun. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 66 orang remaja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat perilaku bullying yang terjadi pada remaja sekolah SMP Negeri Alok pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 30,8 %, kategori sedang dengan presentase sebesar 52,3 %, dan kategori rendah dengan presentase sebesar 16,9 %. Hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin ditemukan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Dan hasil penelitian berdasarkan aspek-aspek ditemukan bahwa pada aspek pemannggilan nama dengan julukkan mean sebesar 8.61, aspek mengejek mean sebesar 7.91, aspek menyebarkan rumor atau gosip mean sebesar 9.14, aspek ancaman mean sebesar 8.41, aspek menggoda mean sebesar 7.70, dan aspek fitnah mean sebesar 8.44.References
Alfriani Wilda. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Kontrol Sosial terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Alalak Barito Kuala. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Vol.1. No.1. Juli. Hal:38-50. Doi: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.1.1489
Barus Jumat, Safitri Ninda, & Husaini. (2023). Study of Verbal Bullying in Early Adolescents. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol.6. No.1. Hal: 92-100. Doi: https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.61003
Bayer, J. K., Mundy, L., Stokes, I.,Hearps, S., Allen, N.,& Patton, G. (2018). Bullying Mental Health And Friendship In Australia Primary School Children. Child And Adolescent Mental Health. Vol.23. No.4. Hal: 334-340.
Butar Hartika Sari Butar, dan Karnali Yeni. 2022. Persepsi Pelaku terhadap Bullying dan Humor. Vol. 04. No. 01. Doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1843
Coloroso, Barbara. (2006). Penindasan Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Coloroso, Barbara. (2007). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins.
Hellström Lisa, & Lundberg Adrian. (2020). Understanding Bullying from Young People’s Perspectives: An exploratory study. Educational Research. Vol.62. No.4. Hal:417.
Hidayati Eni, Nihayatuzzulfah, Rahayu Desi Aryana, Mubin Muhammad Fatkul, Abdullah Bibi Florina. (2021). The Impact of Bullying on Teenagers Depression Level. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences. Juni. 2021. Hal: 48-51.
Hymell, S, Nickerson, A & Swearer, S. (2012). Bullying at School and Online: Quick Facts For Parents. USA: Education.com Holdings,Inc
Farrington, D. 1993. “Understanding and Preventing Bullying.” in M. Tonry (ed.). Crime and Justice: A review of Research. Vol.17. Chicago: University of Chicago Press.
Karneli, Y., Firman., & Netrawati, N. (2008). Upaya Guru BK atau Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 18. No. 2. Hal.113-118. Doi: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000
Khasawneh Mohammad Ahmad Saleem. (2020). The Extent of Bullying Against Students with Learning Disabilities According to the Age Variable. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol.19. No.6. Hal:267-281. Doi: https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.16
Karina, Hastuti Dewi & Alfiasari. (2013). Perilaku Bullying dan Karakter Remaja serta Kaitannya dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Vol.6. No.1. Hal. 20-29. Doi: https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.1.20
Malihah Zahro & Alfiasari. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orangtua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Vol. 11. No.2. Hal 146-156. Doi: https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Machimbarrena Juan Manuel & Garaigordobil Maite. (2018). Prevalence of Bullying and Cyberbullying in the Last Stage of Primary Education in the Basque Country. Journal Of Psychology. Vol.21. No.48. Hal.1-10.
Muluk Safrul., Habiburrahim., Dahliana Syarifah., & Akmal Saiful. (2021). The Impact of Bullying on EFL Students? Academic Achievement at State Islamic Universities in Indonesia. Journal of Language, Education, and Humanities. Vol.08. No.02. Hal:122. Doi: https://doi.org/10.22373/ej.v8i2.8996
Novianti, I. (2008). Fenomena Kekerasan di Ligkungan Pendidikan. Jurnal Insania. (Online). Vol.13. No.2. Doi: https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.301
Pratiwi Hanifa., & Ahmad Riska (2020). Kebahagiaan (Happines) Siswa yang Berasal dari Keluarga Ibu Single Parent. Jurnal Neo Konseling. Vol.2 No.3. Hal. 1-7.
Puspitasari Novi., & Afiatin Tina. (2018). Peran Kepedulian Orangtua dan Hubungan Guru -Siswa terhadap Kecenderungan Perilaku Bullying di SD X Kota Yogyakarta. Tesis (Tidak diterbitkan). Universitas Gadjah Mada.
Putri Dwinda Tiara. (2020). Kematangan Emosional terhadap Siswa Disiplin Di Sekolah. Jurnal Psikologi Konseling. Vol.17. No. 2. Hal.733-746.
Putri Shavreni Oktadi & Silalahi Beta Rapita. (2017). Gambaran Perilaku Bullying Pada Mahasiswa UMN Alwashliyah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling. Vol.3. No. 02. Hal. 146-157.
Ponce Ryan G, dkk. (2021). Bullying and Self Concept Among Senior High School Students. International Peer Reviewed Journal. Vol.45. Juli. Hal:3
Sakdiyah, F., Febriana, B., & Setyowati, W. E. (2020). Resiliensi dan Kejadian Bullying pada Remaja di SMP di Demak. Bima Nursing Journal. Vol.1. No.01. Hal 119. https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.502
Saputra Yogi Nanda,dkk. (2022). Anticipating Bullying Against Ja'far Muslim Lingga Tiga Junior High School. International Journal Of Community Service.
Saprilia Reziananda. (2022). Identification of School Bullying Behavior in High Grade Students of State Elementary School 001 Balam Jaya Kampar. Education Generation Journal. Vol.01. No.01. Hal: 10.
Sejiwa. (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Sovitriana Rilla, dkk. (2021). Kematangan Emosi Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora. Vol.05. No.01.
Sulistiyana, Rachman Ali, Makaria Eklys Cheseda, dkk. (2020). Kontribusi Komunikasi Verbal Dan Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Verbal Siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman. Vol.06. No.01.
Suri Gusni Dian, Sari Putri Melinda, Saidah Nur, dkk. (2022). Analisis Perlakuan Verbal Bullying pada Remaja. Jurnal Neo Konseling. Vol.04. No.02. Hal:21-29.
Thiago Machado Ardenghi, dkk. (2023). Impact of Dental Bullying on Burxism Associated With Poor Sleep Quality Among Adolescents. Original Research Behavioral Sciences.
Tumon Matraisa Bara Asie. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol.3. No.1. Hal: 1-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Isabela, Sitti Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




