APAKAH KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA DIPENGARUHI MARKETING MIX
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21009Keywords:
Marketing Mix, Kepuasan Pasien, Klinik.Abstract
Perubahan di era globalisasi saat ini telah menghadirkan tantangan yang serius bagi bisnis di seluruh dunia. Kompetensi bisnis yang semakin ketat sudah menyebabkan beberapa perusahaan kolaps karena kurangnya strategi dan adaptasi terhadap perubahan pasar yang cepat, tidak terkecuali klinik pratama. Perusahaan yang ingin membangun basis pelanggan yang setia dan bertahan di pasar yang kompetitif, mereka harus menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama dalam setiap aspek operasi mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelaksanaan marketing mix (yang terdiri dari 8P yaituProduct, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence, Productivity and Quality) terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Sarodja, Godean, Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu 500 pasien Klinik Sarodja dan jumlah sampel yaitu 56 pasien Klinik Sarodja. Teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa marketing mix memiliki pengaruh yang positif dan signifikan kepada kepuasan pasien di Klinik Pratama Sarodja.References
Adafiah, M., Rohendi, A., Andriani, R. (2023). Pengaruh Pelayanan Satuan Darurat Terhadap Kepuasan Pasien selama Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1).
Amanah, D. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kinerja usaha kecil dan menengah.
JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(81).
Andriani, R., Disman, D., Ahman, E., Santoso, B. (2020). Conditional Process pada Manajemen SDM Perspektif Polychronicity, Kepuasan Kerja, Engagement Karyawan Lingkungan Kerja, dan Turnover Intention. Gracias Logis Kreatif : Ponoroga, 1-200.
Asmoro, R.P., Rohendi, A., Wahyudi, B. (2023). Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1).
Astuti, M., & Amanda, A.R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Deepublish.
Atalia, K., (2015). Pengaruh Pelaksanaan Marketing Mix terhadap Kepuasan Pelanggan Industri Jasa Kesehatan (Kasus Rumah Sakit Sari Mutiara Medan), JOM FISIP, 2(2).
Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak, 11-57.
Dewi, O. I. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen Chang Tea di Surabaya. Agora, 6(2).
Ghozali, I., (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus mitra korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 70-79.
Lovelock, C. H., dan Wright, L. K., (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. Atalya Rileni Sudeco.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206- 217.
Sugiyono., (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.Sujarwanta, T.H., Syaodih, E., Sujarwanta, T.H., Syaodih, E., Rahim, A.H. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap
Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Jasa, 5(2).
Rahim, A.H. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Jasa, 5(2).
Syafri, D., Purwadhi, P., Rahim, A.H. (2023). Pengaruh Sitem Informasi Manajemen dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Grand Hospital Bengkalis. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1).
Yasir, A., Purwadhi, P., Andriani, R. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat
Kunjungan Ulang Pasien Di Klinik Citra Medika Kota Semarang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(1).
Yusriadi, Y., 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Cepat Saji O’Chicken di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 15 (1), 71–77. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i 1.1032
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rani Satiti, Purwadhi Purwadhi, Bayu Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.