MANUSIA DALAM TAFSIR AL-QUR’AN DAN IBNU ARABI: DISKURSUS TENTANG KONSEP INSAN KAMIL

Authors

  • Tu’aini Tu’aini Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20960

Keywords:

Hakikat Manusia, Manusia Sempurna, Keberadaan

Abstract

Tulisan ini bertujuan melakukan pengkajian tentang hakikat manusia dalam pandangan alquran dan menurut Ibnu Arabi, yaitu tentang konsep-konsep manusia dan insan kamil. Arabi adalah filsuf yang banyak menaruh perhatian tentang akar penciptaan manusia dikaitkan dengan Ilahi, Arabi banyak menulisan karya-karya untuk keilmuan ini. Menurut Arabi manusia dalam penciptaannya itu sama, yang membedakannya ialah pada isi hatinya. Hati manusia dikatakan jelek apabila dikuasai oleh dua nafsu, yaitu nafsu syahwaniyah dan nafsu al ghalbiyyah.  Hasil dari tulisan ini ialah konsep hakikat manusia dalam pandangan al-Qur’an dan menurut Ibnul Arabi, yaitu paradigma ontologis tentang struktur manusia dan epistemologi perspektif Ibnu Arabi. Sedangkan konsep-konsep tentang insan kamil menurut Ibnul Arabi, yaitu Tuhan dan manusia sempurna, ketidaksebandingan dan kesebandingan, hakikat manusia dan penyebutan nama dan manusia sempurna.

References

Adam, A., Ismail, R., & Mahmud, H. M. (2022). Hakikat Manusia: Makhluk Jazadiyah-Ruhiyah Dan Tugas Kekhalifaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 248-255. https://doi.org/10.5281/zenodo.7338480

Afrida, A. (2018). Hakikat Manusia dalam Perspektif Al-Qur`an." Al-Qisthu 16(2). doi:10.32694/qst.v16i2.788

Albina, M., & Aziz, M. (2022). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 731-746. doi:http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i02.2414

Ali, I. (2017). NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN TASAWUF DALAM PARADIGMA MISTIK IBNU ‘ARABI>< TENTANG INSAN KAMIL. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(01), 16–37. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v3i01.2758

Ali, I. (2021). Insan Kamil Dalam Tasawuf Ibnu Arabi Sebagai Paradigma Filsafat Pendidikan Islam. Journal Of Education Partner Dewan Pendidikan Pamekasan 1(2): 190-204. https://journal.dewanpendidikanpamekasan.com/index.php/jep/article/view/55

Chittick, W. (1989). The Sufi Path of Knowledge: Ibn Arabi’s Methaphysics of Imagination. Albany: Suny Press.

Chittick, W. (1992). Faith and Practice of Islam: Three Thirteenth Century Sufi Texts. Albany: Suny Press.

Chittick, W. (1994). Imaginal Worlds, Ibn Al-Arabi and the Problem of Religious Diversity. Albany: Suny Press.

Corbin, H. (1969). Creative Imaginatio in the Sufism of Ibn Arabi. Princeton: Princeton University Press.

Ghozali, I. (2019). Hakikat Manusia Dalam Pandangan Al-Quran Dan Menurut Ibnu Arabi. Mubtada : Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 33-45. https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/mubtada/article/view/36

Hamdanah, H., Surawan, S., & Fahmi, N. (2023). Cartoon Film As A Medium of Moral Education for Early Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4421-4430. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5027

Husaini, M. (1913). Ibn alArabi the Great Muslim Mystic and Thinker. Lahore: Muhamad Asraf.

Ibnu Arabi. (1914). Al-Anwâr. Mesir: al-Jamaliyah Bihâr al-Rûm.

Ibnu Arabi. (1947). Fusûs al-Hikam. Beirut: Dâr al-Kutub al-Arabi.

Ibnu Arabi. (1972). al-Futûhât alMakkiyyah. Kairo: al-Hay’at alMisriyyat al-Ammah lil-Kitâb.

Izutsu, Toshihiko. ( 1983). Sufism and Taoism. Los Angles: University of california Press.

Manan, A., & Qulub A. S. (2010). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Agama Islam Umum. Sidoarjo : Laros.

Malisi, M., Fauziyah, F., & Surawan, S. (2023). Internalization of Faith Educational Value in the Humanistic Perspective Riko Animation Series. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 703-718. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3095

Malisi, M., Surawan, S., Hasanah, S., & Hanum, S. (2023). Film as a mass communication media: Analysis of moral messages through Omar Hana's film. Informasi, 53(1), 29-38. doi:https://doi.org/10.21831/informasi.v53i1.55458

Murata, S. (1993). The Tao of Islam: A Sourcebook on Gender Relationship in Islamic Thougt. Albany. N.Y: SUNNY Press.

Nawangsih, E., & Achmad, G. H. (2022). Hakikat Manusia Dalam Konteks Pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 3034–44. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2650.

Siregar, E. (2017). HAKIKAT MANUSIA (Tela’ah Istilah Manusia Versi Al-Qur’an Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan) Islam). Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 20: 44–61. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tajdid/article/view/79.

Surawan, S., & Athaillah, M. (2021). Ilmu pendidikan islam. K-Media.

Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. Yogyakarta: K-Media.

Susanto, H. (2014). Filsafat Manusia Ibnu Arabi. Jurnal Tsaqafah 10(1): 110-126. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v10i1.66

Yulita, S. (2020). Manusia Sempurna Menurut Ibn ‘Arabi Dan Nietzsche. Uin Suska Riau.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Tu’aini, T. (2023). MANUSIA DALAM TAFSIR AL-QUR’AN DAN IBNU ARABI: DISKURSUS TENTANG KONSEP INSAN KAMIL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2983–2990. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20960

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.