IMPLEMENTASI ANALISIS KERANJANG BELANJA DENGAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG MOTOR

Authors

  • Sarif Surorejo STMIK Ymi Tegal
  • Rifki Dwi Kurniawan STMIK Ymi Tegal
  • Mohamad Rifki Septiadi STMIK Ymi Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20871

Keywords:

Algoritma Apriori, Asosisasi, Support, Confidence, Dan Dataset.

Abstract

Penjualan suku cadang motor merupakan industri yang kompleks dan dinamis yang dihadapkan dengan tantangan dalam mengidentifikasi pola pembelian yang umum di antara konsumen. Dalam rangka meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan, penelitian ini menerapkan algoritma Apriori pada data penjualan suku cadang motor dan menghasilkan aturan asosiasi yang signifikan. Metodologi penelitian ini melibatkan pemrosesan data, menentukan parameter support dan confidence, serta mengekstrak aturan asosiasi dari basis data transaksi penjualan yang tersedia. Hasil analisis keranjang belanja menunjukkan pola pembelian yang umum di antara konsumen, seperti hubungan antara pembelian kampas rem dan oli mesin sepeda motor. Dalam diskusi dan evaluasi hasil, ditemukan bahwa implementasi analisis keranjang belanja dengan aturan asosiasi menggunakan algoritma Apriori memberikan wawasan berharga tentang perilaku pembelian konsumen dalam penjualan suku cadang motor. Namun, penelitian ini juga memiliki keterbatasan, seperti keterbatasan dalam dataset yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian yang akan datang dapat melibatkan penggunaan data yang lebih luas dan beragam untuk menghasilkan wawasan yang lebih mendalam dan akurat.

References

M. Yunus And D. Fitriati, “Optimasi Laba Pada Umkm Retail Menggunakan Algoritma Apriori,” Semin. Nas. Teknol. …, No. C, 2018.

E. Supriyadi, A. Tiyono, A. S. Nugroho, D. M. P. Arum, And A. R. Ramadhani, “Algoritma Apriori Untuk Menentukan Paket Penjualan Barang Di Umkm Binaan Disperindag Kabupaten Grobogan,” J. Inform. Dan Rekayasa Elektron., Vol. 6, No. 1, Pp. 112–120, 2023.

Z. Abidin, A. K. Amartya, And A. Nurdin, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” J. Teknoinfo, Vol. 16, No. 2, P. 225, 2022, Doi: 10.33365/Jti.V16i2.1459.

Z. Nabila, A. Rahman Isnain, And Z. Abidin, “Analisis Data Mining Untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 2, No. 2, P. 100, 2021.

N. R. S. Purba And F. Riandari, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Keranjang Belanja Pada Transaksi Penjualan Pada Pt Madu Kembang Joyo,” J. Nas. Komputasi Dan Teknol. Inf., Vol. 4, No. 1, Pp. 69–74, 2021, Doi: 10.32672/Jnkti.V4i1.2745.

R. Anugrah, T. Widiharih, And S. Sugito, “Gui R Untuk Analisis Keranjang Belanja Dengan Algoritma Apriori Pada Suatu Perusahaan E-Commerce,” J. Gaussian, Vol. 11, No. 2, Pp. 278–289, 2022, Doi: 10.14710/J.Gauss.V11i2.35475.

T. D. Putra, “Analisis Keranjang Belanja Dengan Algoritma Apriori Klasik Pada Data Mining,” J. Kaji. Ilm., Vol. 20, No. 1, Pp. 59–66, 2020, Doi: 10.31599/Jki.V20i1.70.

S. Saefudin And D. Fernando, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Buku Menggunakan Algoritma Apriori,” Jsii (Jurnal Sist. Informasi), Vol. 7, No. 1, P. 50, 2020, Doi: 10.30656/Jsii.V7i1.1899.

N. Sütütemiz And M. Sayg?l?, “The Effects Of Hedonic And Utilitarian Shopping Motivations On Online Purchasing Intentions: A Turkish Case Study,” Retail Mark. Rev., Vol. 16, No. 1, Pp. 61–83, 2020.

J. M. Informatika, S. I. Misi, T. Rahmawati, A. Wirapraja, And D. F. Santoso, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Motor Dan Fitur Keluhan Pelanggan Berbasis Web Pada Pt . Fuboru Indonesia,” Vol. 6, Pp. 159–171, 2023.

A. Rukajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish, 2018.

H. Hanafiah, R. S. Sauri, D. Mulyadi, And O. Arifudin, “Penanggulangan Dampak Learning Loss Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas,” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., Vol. 5, No. 6, Pp. 1816–1823, 2022, Doi: 10.54371/Jiip.V5i6.642.

F. R. Pare, O. Wati, L. P. Taran, And L. M. Arsai, “Penerapan Data Mining Pada Transaksi Penjualan Barang Menggunakan Metode Apriori (Studi Kasus:Toko Be-Mart),” G-Tech J. Teknol. Terap., Vol. 7, No. 1, Pp. 255–261, 2023, Doi: 10.33379/Gtech.V7i1.1951.

I. A. Ashari, A. Wirasto, D. Nugroho Triwibowo, And P. Purwono, “Implementasi Market Basket Analysis Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisis Pendapatan Usaha Retail,” Matrik J. Manajemen, Tek. Inform. Dan Rekayasa Komput., Vol. 21, No. 3, Pp. 701–709, 2022, Doi: 10.30812/Matrik.V21i3.1439.

E. T. Naldy And A. Andri, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Daftar Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Toko Bangunan Mdn,” J. Nas. Ilmu Komput., Vol. 2, No. 2, Pp. 89–101, 2021, Doi: 10.47747/Jurnalnik.V2i2.525.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Surorejo, S. ., Kurniawan, R. D. ., & Septiadi, M. R. . (2023). IMPLEMENTASI ANALISIS KERANJANG BELANJA DENGAN ATURAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG MOTOR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1641–1649. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20871

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.