PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL PADA HASIL BELAJAR MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 LEWOLEMA TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19980Keywords:
Model Pembelajaran Mind Mapping, Media Pembelajaran Visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping dan media pembelajaran visual pada hasil belajar materi kegiatan ekonomi kelas X SMAN 1 Lewolema tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik penggumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IIS.2 yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki laki. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui melalui peningkatan nilai pada setiap tindakan siklus. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 53,75%. Pada tindakan siklus II nilai siswa mengalami peningkatan menjadi 82,06% dilihat dari peresentase ketuntasan belajar. Dari 16 siswa kelas X IIS.2 SMAN 1 Lewolema, sebanyak 14 siswa mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran mind mapping dan media pembelajaran visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas X IIS.2 SMA Negeri 1 Lewolema tahun ajaran 2022/2023. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran mind mapping dengan media visual dapat meningkatkan kualitas belajar pada kelas X IIS.2 SMA Negeri 1 Lewolema.References
Al Shdaifat, S., Al-Haq, F. A.-A., & Al-Jamal, D. (2019). The impact of an e-mind mapping strategy on improving basic stage students’ English vocabulary. Jordan Journal of Modern Languages and Literature, 11(3), 385–402.
Asriyanti. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Ma’arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Purwokerto.
Baharudin. (2023). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Literasi Digital Melalui Penugasan E-Mind Mapping Berbantuan Google Slide. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 497–518.
Davies, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: what are the differences and do they matter? Higher Education, 62, 279–301.
Fu, Q.-K., Lin, C.-J., Hwang, G.-J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers & Education, 137, 59–77.
Herman, H., Gharini, P. P. R., & Dinarti, L. K. (2020). Clinical cardiac manifestations in patients with coronavirus disease 2019 (COVID-19). Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran), 52(3).
Jiang, Y. (2020). Application of the mind map in learning English vocabulary. Open Access Library Journal, 7(6), 1–4.
Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Narsan, V. O. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Genetika Selama Pembelajaran Daring. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 9–26.
Windura, S. (2013). 1st mind map. Elex Media Komputindo.
Yudiono, U., & Sulistyo, S. (2020). Self-esteem: Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 99–105.
Yuliyanto, A., Basit, R. A., Muqodas, I., Wulandari, H., & Amalia, D. M. (2020). Alternative Learning of the Future Based on Verbal-Linguistic, and Visual-Spatial Intelligence Through Youtube-Based Mind Map When Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 7(2), 132–141.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Anita Titu, Reinaldis Masi, Margiana Dewi Maria Madonna Maran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.