NEEDS ASSESSMENT OF TRAINING AND EDUCATION ON MONEY MANAGEMENT TO INCREASE THE LOW-INCOME FAMILY’S FINANCIAL EMPOWERMENT

Authors

  • Agus Hasbi Noor IKIP Siliwangi
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi

Keywords:

Asesmen Kebutuhan Pelatihan, Pengelolaan Keuangan, Keluarga Berpendapatan Rendah, Pemberdayaan Keuangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan penilaian kebutuhan pelatihan terkait dengan pengelolaan uang keluarga berpenghasilan rendah di Bandung, Indonesia. Mengadopsi pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tujuh informan, menawarkan wawasan yang kaya tentang perilaku dan tantangan keuangan mereka. Analisis data, yang dilakukan dengan menggunakan analisis tematik, menyoroti beberapa pola dan temuan utama. Ketidakpuasan yang nyata dengan praktik keuangan saat ini muncul, semakin diperkuat oleh sumber daya yang terbatas dan meningkatnya biaya hidup. Temuan penelitian mencakup bahwa mayoritas responden tidak memiliki perencanaan keuangan terstruktur, sering gagal dalam pengambilan keputusan spontan dan jangka pendek. Meskipun strategi ini mungkin menawarkan solusi segera, strategi ini menimbulkan potensi risiko keuangan jangka panjang. Pengakuan bulat tentang kesenjangan dalam literasi keuangan juga terbukti, menunjukkan kekosongan pendidikan yang lebih luas dalam segmen ini. Kesulitan keuangan reguler, terutama menjelang akhir bulan, dan kecenderungan pinjaman keluarga adalah tema yang berulang. Kecenderungan kuat terhadap program pelatihan literasi keuangan muncul, menekankan kesadaran akut akan kekurangan pengetahuan mereka. Faktor budaya, terutama reservasi sosial tentang utang, juga disorot, menunjukkan pengaruh yang lebih dalam pada perilaku keuangan. Singkatnya, wawasan ini menggarisbawahi kebutuhan kritis akan program pendidikan keuangan yang disesuaikan dan peka budaya, menangani kebutuhan pelatihan khusus keluarga berpenghasilan rendah Bandung, untuk mendorong kesejahteraan finansial berkelanjutan mereka.

References

Cedeño, D., Lannin, D. G., Russell, L., Yazedjian, A., Kanter, J. B., & Mimnaugh, S. (2021). The effectiveness of a financial literacy and job-readiness curriculum for youth from low-income households. Citizenship, Social and Economics Education, 20(3), 197–215. https://doi.org/10.1177/20471734211051770

Hati, S. R. H. (2017). Exploring the Motivation Toward and Perceived Usefulness of a Financial Education: Program Offered to Low-Income Women in Indonesia. Asean Journal of Community Engagement. https://doi.org/10.7454/ajce.v1i1.57

Hidayat, F. R., & Nurhayati, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Peternak Domba Melalui Program Pelatihan Pengolahan Pakan Fermentasi ( SILASE ). Comm-Edu (Community Education Journal), 5492(2), 248–256.

Intadiyah, U., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2021). Training Management Of Mukena Home Industry To Improve Community ’ S Economic. Empowerment?: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(2252), 23–34. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1954

Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2020). Financial education in schools: A meta-analysis of experimental studies. Economics of Education Review, 78, 101930. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.101930

Kewal Anastasia Sri, S. S. M. (2013). Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Stie Musi (Financial Literacy Level among Students Stie Musi). Jurnal Economia, Vol 9, No 2 (2013), 130–140.

Laksono, B. A. (2019). Literasi Finansial Keluarga Pekerja Migran Indonesia Ditinjau Dari Pengelolaan Remitan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(2), 68. https://doi.org/10.17977/um041v14i2p68-75

Lazar, M., & Davenport, L. (2018). Barriers to Health Care Access for Low Income Families: A Review of Literature. Journal of Community Health Nursing, 35(1), 28–37. https://doi.org/10.1080/07370016.2018.1404832

Lee, J. Y., Lee, S. J., Volling, B. L., & Grogan?Kaylor, A. C. (2023). Examining mechanisms linking economic insecurity to interparental conflict among couples with low income. Family Relations, 72(3), 1158–1185. https://doi.org/10.1111/fare.12698

Lindiawatie, & Shahreza, D. (2021). Penyuluhan Literasi Keuangan pada Ibu Rumah Tangga di Depok Sebagai Dasar Membangun Ketahanan Keuangan Keluarga. Jurnal Warta LPM, 24(3), 521–532.

Nurhayati, S. (2015). Andragogical Content Knowledge as a Key Component in the Training of the Instructors of Nonformal Education. International Education Studies, 8(2), 219–230. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p219

Nurhayati, S., & Falah, A. M. N. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam Membangun Keberdayaan Ekonomi Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 348–359. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2457

Nurhayati, S., & Rosita, T. (2020). Positive Parenting Training Program Implementation to Increase Parents’ Emotional Intelligence in Raising Well Being Children. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP 2019), 503(Iceccep 2019), 67–71. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.087

Nurmawati, Nurhayati, S., & Noor, A. H. (2021). Improving Vocational High School Alumni Competitiveness. Empowerment?: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 160–167. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/2724

Qudsi, N. A., & Nurhayati, S. (2023). Basic Financial Literacy Training Program as a Rural Communities Empowerment in the Digital Economy Era. Aksara, 09(02), 1–7. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1897

R?zvan, I. (2021). Financial Literacy in the Digital Age: Challenges and Opportunities in the European Union. Revista Estrategia Organizacional, 10(2).

Siswanti, I. (2020). Financial Knowledge, Financial Attitude, And Financial Management Behavior: Self–Control As Mediating. The International Journal of Accounting and Business Society, 28(1), 105–132. https://doi.org/10.21776/ub.ijabs.2020.28.1.5

Srisusilawati, P., Fasa, M. I., Nurhayati, S., Anugrahwanto, R. B., Hidayat, A. W., Sulaimawan, D., Fitri, A., Rahmayuni, S., & Zahra, D. N. (2021). The Nexus Between Dynamic Capability and Islamic Financial Literacy Towards Innovation of Small Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535(2), 36–39. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.008

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink?: Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Syafrudin, E., & Nurhayati, S. (2020). Training of Pencak Art To Preserve Local Life in Youth Organization Kp. Andir Rt. 01 Rw. 15 Village Padalarang, West Bandung District. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 216–223. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1783

Thomas, M. M. C. (2020). Social poverty: low-income parents and the struggle for family and community ties. Journal of Children and Poverty, 26(1), 100–102. https://doi.org/10.1080/10796126.2019.1684188

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Noor, A. H., & Nurhayati, S. . (2023). NEEDS ASSESSMENT OF TRAINING AND EDUCATION ON MONEY MANAGEMENT TO INCREASE THE LOW-INCOME FAMILY’S FINANCIAL EMPOWERMENT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 90–95. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19664

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.