PROBLEMATIKA DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN KONTEMPORER

Authors

  • Laziofi Nur Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Wildan Shohib Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18940

Keywords:

Pendidikan, Islam, Kontemporer.

Abstract

Pendidikan Islam adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam. Seiring berkembangnya jaman, pendidikan islam berubah mengikuti arus waktu, hal ini dapat disebut dengan pendidikan islam kontemporer. Pendidikan Islam di era globalisasi menghadapi beberapa tantangan dan masalah yang perlu diatasi. Problematika pendidikan Islam kontemporer yakni persoalan konseptual teoritis pendidikan islam. Tantangan pendidikan islam kontemporer adalah evolusi aspirasi dan cita-cita manusia yang mencakup banyak kepentingan yang memiliki dimensi ganda, dan berbagai tuntutan hidup yang kompleks.  Solusi problematika dan tantangan pendidikan kontemporer, yakni gagasan kesetaraan, menekankan pada pengembangan dan pemeliharaan sumber daya, gagasan pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

References

Adi., & Rizky. (2020). Pendidikan Islam Kontemporer: Menggagas Pendidikan untuk Proyek Kemanusiaan. Jurnal At-Tazakki, 4 (1), 132-133.

Azra., J. (1999). Pendidikan Islam; Tradisi dan Modrnisasi Menuju Milenium Baru. Logos.

Arifin., M. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Basri., H. (2012). Kapita Selekta Pendidikan. Pustaka Setia.

Irianto., Y., B. (2012). Kebijakan Pembaruan Pendidikan; Konsep, Teori, dan Model. RajaGrafindo Persada.

Jalal., F. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita.

Mulyana., R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.

Poerwadamanita. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ulya., F., V. (2018). Pendidikan Islam di Indonesia: Problem Masa Kini dan Perspektif Masa Depan. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 8 (2), 138-142.

Zamroni. (2002). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Bigraf Publishing.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Fatimah, L. N. ., & Shohib, M. W. . (2023). PROBLEMATIKA DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN KONTEMPORER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 362–366. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18940

Similar Articles

<< < 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.