PENGEMBANGAN MEDIAVISUAL OUTDOOR UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Feber D Tarigan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1868

Keywords:

Bentuk Geometri, Media Visual Outdoor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu berupa media Visual Outdoor untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development Brog & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahap yakni potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Dalam penelitian ini tidak ada uji coba media ke TK dikarenakan pandemi Covid-19. Dari analisis data dapat dilihat bahwa hasil penilaian dari validator ahli materi memperoleh persentase sebesar 82% dalam kategori sangat layak, validasi dari ahli media sebanyak 74%, dinyatakan layak, dengan saran penambahan contoh lebih banyak agar meningkatkan kreativitas anak. Selanjutnya penilaian oleh 5 guru TK yang sertifikasi mendapatkan persentasi sebesar 83% menyatakan sangat layak untuk digunakan di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Visual Outdoor layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 Tahun.

Author Biography

Feber D Tarigan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

References

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamzah Amir. 2019. Metode Penetian dan Pengembangan. Jogja: Literasi Nusantara.

Erlina Hasan. 2010. Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT Refika Aditama

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susilowati Retno, 2014. “Strategi Belajar Outdoor Bagi Anak PAUDâ€, https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4266/0, diakses pada 15 Juli 2020 pukul 11.45.

Wahyudi CHA dan Dwi Retno Damayanti. (2005). Program Pendidikan untuk

Anak Usia dini di Pra Sekolah Islam. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wiyani Novan Ardhi. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yamin, Mastinis. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Tarigan, F. D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIAVISUAL OUTDOOR UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1868