PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lia Herawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.164

Keywords:

Metode Integratif, Pemahaman Membaca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 176 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan metode integratif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia aspek pemahaman bacaan dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru dan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai 25 Juli / 11 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas dari 176 sekolah siswa Pekanbaru 2017-2018 jumlah siswa 38 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 44,74% atau 17 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus I meningkat menjadi 23 orang atau kelengkapan hanya mencapai 60,53%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa pada 33 siswa atau persentase 86,84%. Dengan demikian yaitu penerapan metode integratif untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru.  

References

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daradjat, D. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Bakarta: Rineka Cipta.

Djuanda, D. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ibrahim, dan Syaodih, N. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalil, A dan Elmustian. 2006. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas-Kelas Rendah Sekolah Dasar. Pekanbaru: UNRI Press.

Nuriadi. 2008. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rahim, F. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. 2003. Bahasa Indonesia Versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Autografika.

_________. 2007. Membaca Pemahaman teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: PT. Autografika.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santosa, P. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: UT.

Soedarso. 2010. Speed Reading (Sistem Membaca Cepat dan Efektif). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Subana, dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran). Bandung: Pustaka Setia.

Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Pubhlisher.

Wahab, A.Z. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Perssada Press.

Yustisia, T.P. 2008. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Syah, M. 2008. Psikologsi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Herawati, L. (2018). PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 51–63. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.164

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.