Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Keanekaragaman Budaya pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6 SD Labschool UPI Cibiru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9990Abstract
Pendidikan berdasarkan pada keberagaman budaya adalah pendidikan yang membimbing peserta didik untuk untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Model pendidikan yang berlandaskan kebudayaan itu sebuah contoh pendidikan yang memiliki korelasi untuk keterampilan dalam kualitas hidup, dengan berlandaskan kebudayaan dan kemampuan tiap daerah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun tempat dan waktu penelitian ini di SD Negeri Labschool UPI Cibiru. Untuk penanaman karakter pada pembelajaran khususnya pembelajaran IPS bukanlah hal yang mudah. Namun guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengintegrasikan materi yang diajarkan dengan karakter yang harus dimiliki siswa. Guru juga harus dapat menjadi teladan bagi siswanya agar dapat menjadi contoh yang baik bagi siswanya.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Asdiniah, E. N. A. ., Nurul, S. F. ., & Rustini, T. . (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Keanekaragaman Budaya pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 6 SD Labschool UPI Cibiru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10065–10070. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9990
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Euis Nur Amanah Asdiniah, Siti Fadia Nurul, Tin Rustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).