Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9800Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Â Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen one group pretest-posttest desaign dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang sebanyak 23 orang. Adapun instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan congklak dalam pembelajaran matematika berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Keadaan ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 melalui pembelajaran permainan congklak mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 86,09 dibandingkan dengan sebelum diterapkannya permainan congklak yaitu 71,95. Berdasarkan uji t baik taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung, 7,8 dan ttabel (0,05 = 2,069), karena thitung > ttabel maka ada pengaruh dalam motivasi hasil belajar yang diberi perlakuan permainan congklak. Maka berdasarkan pengujian tersebut penggunaan permainan congklak berpengaruh jika diterapkan pada proses pembelajaran hasil belajar matematika pada Siswa kelas II SDN Babakankeusik 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Zainudin, I. ., Hasanah, E. U. ., & Jamaludin, U. . (2022). Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9024–9030. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9800
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ikhwan Zainudin, Eneng Ulfatun Hasanah, Ujang Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).