Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Metode Eksperimen Pada Konsep Cahaya Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10209Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk memperoleh gambaran perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran melalui metode eksperimen pada konsep cahaya dalam usaha meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV SDN Babakankeusik 1, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang. 2) Untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa setelah pembelajaran IPA pada konsep cahaya dengan metode eksperimen di kelas IV SDN Babakankeusik 1, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Babakankeusik 1, Kecamatan Patia,Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III meningkat. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan nilai rata-rata 68,67 (68.67%) artinya hasil penelitian tersebut dianggap masih rendah. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72 (72%). Sedangkan untuk siklus III meningkat menjadi 87 (87%). Jadi, hasil penelitian terakhir pada siklus I, II dan III dalam penelelitian ini menunjukan peningkatan yang signifikan.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Zainudin, I. ., Anengsih, A., Hasanah, E. U. ., & Hilaliah, T. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Metode Eksperimen Pada Konsep Cahaya Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11156–11164. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10209
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ikhwan Zainudin, Anengsih, Eneng Ulfatun Hasanah, Tatu Hilaliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).