Kemampuan Menemukan Masalah Utama Dalam Teks Berita Menggunakan Strategi SQ3R
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9794Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan masalah utama dalam berita dengan strategi SQ3R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Boawae Kecamatan Boawae Kabupaten Ngekeo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yakni dengan memilih sampel sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes tertulis, yakni menyuruh siswa untuk menemukan masalah utama dalam berita dengan menggunakan strategi SQ3R. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterampilan membaca, strategi belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa pedoman tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Boawae Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo mampu menemukan masalah utama dalam berita dengan menggunakan strategi SQ3R. Hal ini terlihat dari data nilai rata-rata yang mencapai 8,162% dari 37 siswa. Siswa yang tuntas sebanyak 35 orang dengan persentase 94,60% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase 5,40%. Demikian diketahui kemampuan menemukan masalah utama dalam berita dengan menggunakan strategi SQ3R pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Boawae Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo dapat dikategorikan baik dan berhasil.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Djumadin, H. ., & Bunga, R. D. . (2022). Kemampuan Menemukan Masalah Utama Dalam Teks Berita Menggunakan Strategi SQ3R . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9005–9016. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9794
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hawiah Djumadin, Rosa Dalima Bunga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









