Keterampilan Menulis Karangan Persuasif dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Kota Komba Manggarai Timur Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5784Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 12 kota komba manggarai timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena berhubungan dengan angka-angka. Pendekatan ini dipilih untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar.. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, untuk mengukur ada atau tidaknya serta besar kemampuan objek yang diteliti. Tes yang diberikan adalah tes tertulis (esay tes). Artinya, peneliti mengajak siswa mengamati gambar yang telah disiapkan, siswa diminta untuk menulis karangan persuasif sesuai dengan gambar tersebut. Guru menyiapkan media berupa gambar untuk dibagikan kepada siswa. Penilaian yang dimaksudkan adalah judul,kesesuaian isi karangan dengan gambar, penggunaan ejaan, keefektifan kalimat. Hasil penelitian menunjukan siswa yang mampu menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar mencapai 29 orang atau 82,85 % dari jumlah siswa sampel 35 orang, dan siswa yang belum mampu menulis karangan persuasif menggunakan media gambar adalah 6 orang atau 17,14 % dari jumlah siswa sampel 35 orang.Downloads
Published
2022-08-09
How to Cite
Djumadin, H., & Bunga, R. D. . (2022). Keterampilan Menulis Karangan Persuasif dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Kota Komba Manggarai Timur Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2800–2812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5784
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hawiah Djumadin, Rosa Dalima Bunga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









