Penguatan Kultur Literasi di Madrasah Berbasis Riset melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan di MTs Negeri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9487Abstract
Salah satu inisiatif pemerintah untuk membangkitkan kembali kecintaan membaca pada siswa adalah Global Literacy Strategy (GLS). Literasi berarti lebih dari sekadar bisa membaca dan menulis; itu juga berarti memiliki kemampuan untuk memahami dan menerapkan apa yang Anda baca ke situasi dunia nyata dengan nuansa dan wawasan. Akibatnya, peningkatan literasi dapat dilakukan tidak hanya untuk siswa tetapi untuk semua aspek masyarakat yang dapat mendorong penyebaran budaya membaca dan menulis. Penelitian yang disajikan di sini bertujuan untuk memperbaiki fondasi literasi yang telah diletakkan. Dengan pemberian bantuan ini, diharapkan peran perpustakaan sebagai sumber pendidikan dapat ditingkatkan, yang pada gilirannya memperkuat budaya yang diciptakan. Penelitian ini didasarkan pada penelitian lapangan berbasis pengabdian masyarakat yang dilakukan di MTsN1 Bandar Lampung dengan menggunakan strategi Asset Based Community Driven (ABCD) yang mengutamakan kemampuan mentor. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang tergabung dalam tim Komica lebih leluasa untuk berkontribusi dalam sosialisasi fungsi perpustakaan kepada rekan sejawat setelah dilakukan workshop dan pengembangan kapasitas untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan bagi tim divisi perpustakaan lainnya di MTsN1 Bandar Lampung dengan menempatkan keterampilan IT yang baru mereka peroleh untuk digunakan dalam bentuk lokakarya dan inisiatif pengembangan kapasitas lainnya.Downloads
Published
2022-11-29
How to Cite
Tamyis, T. (2022). Penguatan Kultur Literasi di Madrasah Berbasis Riset melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan di MTs Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7240–7249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9487
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tamyis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).