Penguatan Kultur Literasi di Madrasah Berbasis Riset melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan di MTs Negeri

Authors

  • Tamyis Tamyis IAI An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9487

Abstract

Salah satu inisiatif pemerintah untuk membangkitkan kembali kecintaan membaca pada siswa adalah Global Literacy Strategy (GLS). Literasi berarti lebih dari sekadar bisa membaca dan menulis; itu juga berarti memiliki kemampuan untuk memahami dan menerapkan apa yang Anda baca ke situasi dunia nyata dengan nuansa dan wawasan. Akibatnya, peningkatan literasi dapat dilakukan tidak hanya untuk siswa tetapi untuk semua aspek masyarakat yang dapat mendorong penyebaran budaya membaca dan menulis. Penelitian yang disajikan di sini bertujuan untuk memperbaiki fondasi literasi yang telah diletakkan. Dengan pemberian bantuan ini, diharapkan peran perpustakaan sebagai sumber pendidikan dapat ditingkatkan, yang pada gilirannya memperkuat budaya yang diciptakan. Penelitian ini didasarkan pada penelitian lapangan berbasis pengabdian masyarakat yang dilakukan di MTsN1 Bandar Lampung dengan menggunakan strategi Asset Based Community Driven (ABCD) yang mengutamakan kemampuan mentor. Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang tergabung dalam tim Komica lebih leluasa untuk berkontribusi dalam sosialisasi fungsi perpustakaan kepada rekan sejawat setelah dilakukan workshop dan pengembangan kapasitas untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan bagi tim divisi perpustakaan lainnya di MTsN1 Bandar Lampung  dengan menempatkan keterampilan IT yang baru mereka peroleh untuk digunakan dalam bentuk lokakarya dan inisiatif pengembangan kapasitas lainnya.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Tamyis, T. (2022). Penguatan Kultur Literasi di Madrasah Berbasis Riset melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan di MTs Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7240–7249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9487