Paradigma Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi

Authors

  • Tamyis Tamyis Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12526

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting fungsinya bagi para kritisi, para cendekia, dan tunas bangsa ini untuk menjadi pembelajar sekaligus pendidik yang baik dan bermoral. Dalam ulasan ini menggunakan teknik penulisan yang bertumpu pada sumber-sumber bibliografi dari artikel-artikel dalam catatan harian terbaru dan buku-buku yang berhubungan dengan pokok-pokok dalam terbitan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai macam persoalan yang dicermati oleh pendidikan Islam, pencipta menawarkan beberapa jawaban untuk menjawab persoalan yang sangat meresahkan dari pendidikan Islam. Diantara mereka; membangun kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan Islam, menetapkan visi dan misi Pendidikan Islam yang dikembangkan dan sesuai Al-Qur'an dan hadis, merencanakan rencana pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya, menghasilkan lulusan yang memiliki kesungguhan tinggi, memiliki jabatan dan yayasan yang memuaskan dan meningkatkan batas bersaing melalui sains dan inovasi, meningkatkan dan memperluas pameran tenaga kependidikan dan instruktif, koordinasi antara ilmu ketat dan umum. Dengan terselenggaranya administrasi pendidikan yang merata, diharapkan pendidikan Islam dapat berjalan dengan sendirinya sehingga pesantren dapat merencanakan SDM yang handal dan dapat memberikan komitmen positif bagi kemajuan masyarakat dan Negara pada umumnya di berbagai lini kehidupan.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Tamyis, T. (2022). Paradigma Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 664–672. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12526