Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Lasmaida Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan T. A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif yang dilaksakanan di SD Negeri 102034 Gempolan , dengan  jumlah populasi sebanyak 30 siswadan diperoleh sampel sebanyak 30 siswa . Teknik   pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Terdapat pengaruh positif Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan. Dengan persamaan regresi Y = 67,924 + 0,161X. Hasil yang didapat adalah  thitung=2,545 dan ttabel =2,048 atau thitung > ttabel dengan koefisien determinasi sebesar 18,8 %.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Sitorus, L. ., Purba, N. ., & Panjaitan, M. . (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4392–4397. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8959

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>