Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091505
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 091505 AFD C Balimbingan Tanah Jawa T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091505 AFD C Balimbingan Tanah Jawa T.A 2022/2023 yaitu sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari angket pemanfaatan sumber belajar serta dokumentasi berupa nilai ulangan harian matematika siswa SMP Negeri 091505 AFD C Balimbingan Tanah Jawa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana dan uji signifikan menggunakan uji-t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan nilai thitung = 1.865 dan ttabel = 1,701, thitung> ttabel pada taraf 5%, dan nilai Fhitung = 4.77 dan Ftabel = 4.20, Fhitung> Ftabel pada taraf 5%. Serta diperoleh korelasi dengan nilai Rxy = 0,990 dan rtabel = 0,361, rhitung> rtabel pada taraf 5%..Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Sihotang, R. F. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091505. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3769–3781. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8825
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ribkha Fenina Sihotang, Natalina Purba, Radode Kristianto Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).