Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA negeri 5 Pematang Siantar

Authors

  • Ruth Angelya Hutapea Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Apriani Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Erni Kusrini Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar dan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X PMIA SMA Negeri 5 Pematang Siantar dengan teknik Purposive Sampling, diperoleh kelas X PMIA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PMIA- 1sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar kognitif fisika siswa bentuk soal essay berbasis HOTS sebanyak 10 soal dan lembar  keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning.  Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai t(hitung )>ttabel yaitu 4,245 > 1,99547 disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0  ditolak maka terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA Negeri 5 Pematang Siantar dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dilakukan dengan tiga kali pertemuan dimana diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,13 termasuk kategori baik.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Hutapea, R. A. ., Sijabat, A. ., & Sitinjak, E. K. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA negeri 5 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3839–3848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8831