Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematikadikelas V- B SDN UPTD 122365

Authors

  • Rifandy Hosea L.J. Samosir Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode K Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara lingkungan sekolah dengan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran  Matematika dikelas V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar yaitu sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari angket pemanfaatan sumber belajar dokumentasi berupa nilai ulangan harian matematika siswa V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, dan uji signifikan menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rhitung = 0.754 dan rtabel = 0,361, rhitung> rtabel pada taraf 5% dan n=30 serta diperoleh thitung = 0.2362 dan ttabel = 1,25, thitung> ttabel pada taraf 5%. pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai yang diperoleh Fhitung = 4,89 dan Ftabel = 4,20, Fhitung> Ftabel pada taraf 5%.

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Samosir, R. H. L., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematikadikelas V- B SDN UPTD 122365. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3782–3793. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8826

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>