Strategi Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8697Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji srategi sekolah dalam pengelolaan pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Permasalahan yang diteliti difokuskan pada bagaimana strategi sekolah dalam mengelola pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik deskriftif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut, di mana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Sekolah membuat perencanaan pembelajaran daring yang efektif untuk dilaksanakan oleh guru-guru tata kecantikan kulit dan rambut/ Sekolah melakukan upgrading kepada guru-guru agar dapat melakukan pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan sekolah untuk pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi Covid-19 dirasa efektif, dikarenakan siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Hal tersebut tidak lepas dari strategi sekolah dalam merencanakan pembelajaran dengan menerapkan metode-metode pembelajaran penggunaan aplikasi online seperti google form, zoom meeting, google classroom, dan ketika pembelajaran zoom, guru memberikan materi dengan menarik dengan pemberian kuis, dan ice breaker pada pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak bosan.Downloads
Published
2022-11-12
How to Cite
Hayati, N. ., Amini , . A. ., & Akrim , A. . (2022). Strategi Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3128–3135. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8697
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurika Hayati, Amini, Akrim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).