Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Ira Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11256Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pembelajaran di suatu kegiatan dimana seseorang berusaha untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar. Ada dua pihak yang terlibat dalam pembelajaran, yaitu. Siswa sebagai siswa dan guru sebagai moderator. Hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran antara siswa dan guru. Siswa sebagai penerima materi dan guru sebagai mediator materi. Adanya lingkungan belajar memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih jelas dan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Kelebihan media pembelajaran juga dapat memberikan petunjuk kepada guru tentang cara mencapai tujuan pembelajaran, sehingga guru dapat menjelaskan materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa serta prestasi siswa dalam belajar. Sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis topik yang diajukan oleh guru dalam suasana pembelajaran yang sangat nyaman, dan siswa dapat dengan mudah memahami topik tersebut.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Amini, . A., Salsabila, R. ., Nst, M. S. ., Putri, E. ., & Syafitri, R. . (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Ira Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2228–2232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11256
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amini Amini, Ririn Salsabila, Mega Sara Nst, Emilia Putri, Ramadani Syafitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).