Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8674Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Menurut Kemmis dan Mc. Taggart (zainal Aqib,2006,31) yang meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = Tt T × 100% . Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 61,15% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 84,23 % siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Masinambow, D. A. ., Pangalila, T. ., Supit, D. ., Sambuaga, D. ., & Repi, H. K. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2990–2995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8674
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Danny A. Masinambow, Theodorus Pangalila, Deisye Supit, Donald Sambuaga, Heidi Kristian Repi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).