Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon

Authors

  • Danny A. Masinambow Universitas Negeri Manado
  • Theodorus Pangalila Universitas Negeri Manado
  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Donald Sambuaga Universitas Negeri Manado
  • Heidi Kristian Repi Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8674

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Menurut Kemmis dan Mc. Taggart (zainal Aqib,2006,31) yang meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan  siswa dapat memahami  materi dari  dua siklus. Teknik analisis  data menggunakan  rumus  KB =   Tt T  × 100% .  Hasil yang diperoleh  pada siklus I mencapai 61,15% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 84,23 % siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Masinambow, D. A. ., Pangalila, T. ., Supit, D. ., Sambuaga, D. ., & Repi, H. K. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2990–2995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8674

Most read articles by the same author(s)