Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD GMIM 2 Woloan

Authors

  • Yusak Ratunguri Universitas Negeri Manado
  • Theodorus Pangalila Universitas Negeri Manado
  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Fentje Ferry Assa Universitas Negeri Manado
  • Frangky Alexander Tintingo Univeristas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8577

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya melalui penerapan model Group Investigation siswa kelas IV SD GMIM 2 Woloan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu mengamati siswa yang sedang belajar dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa mengenai pelajaran yang diberikan. Teknik analisis data menggunakan Rumus KB= Hasil penelitian diperoleh pada siklus I= 62% dan siklus II = 86%. Dari hasil penelitiaan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan membantu siswa lebih aktif bekerjasama dalam kelompok, khususnya siswa kelas IV SD GMIM 2 Woloan.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Ratunguri, Y. ., Pangalila, T. ., Supit, D. ., Assa, F. F. ., & Tintingo, F. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD GMIM 2 Woloan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2438–2444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8577

Most read articles by the same author(s)