Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8630Abstract
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing selain dapat membantu peserta didik untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri konseli (siswa), siswa dapat memperbaiki dan mengembangkan pemahaman diri dan pemahaman diri dan pemahaman orang lain juga dapat membantu guru BK meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini dibatasi pada Layanan Bimbingan kelompok untuk Konsep Diri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Layanan bimbingan kelompok yang digunakan hanya dengan Teknik role playing dan penelitian hanya berfokus pada siswa VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen yang melaksanakan suatu perlakuan terhadap subjek tertentu dan tidak memberi perlakuan pada subjek lainnya pada kelompok kontrol. hasil instrument tes pada pre-test awal memperoleh skor 101,8 termasuk dalam kategori rendah dengan rentang skor 72-103, pada post-test meningkat menjadi 147,2 termasuk dalam kategori tinggi dengan rentang skor 136-167.Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Nurfajarni, M. ., Gutji, N. ., & Wahyuni, H. . (2022). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2715–2721. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8630
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mitha Nurfajarni, Nelyahardi Gutji, Hera Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).