Hubungan Perhatian Orangtua dengan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi

Authors

  • Lusiana Veronika Universitas Jambi
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5986

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah disiplin belajar yang sering terjadi pada siswa. Disiplin belajar adalah perilaku individu yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan agar dapat fokus belajar. Perhatian orangtua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 197 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan realibilitasnya dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24 dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi, dilihat dari hasil analisis korelasi dan didapatkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didapatkan r hitung sebesar (0,478) dan ditafsirkan sebagai korelasi sedang (hubungan memadai). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian orangtua maka semakin tinggi pula disiplin belajar. begitupun sebaliknya semakin rendah perhatian orangtua maka semakin rendah pula disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Veronika, . L., Gutji, N. ., & Sekonda, . F. A. . (2022). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3052–3058. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5986

Most read articles by the same author(s)