Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4557Abstract
Komunikasi keluarga terhadap anak memberikan dampak terhadap hasil belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang tidak terlepas dari peran guru sebagai pihak yang mengajar dan membimbing siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang terhadap hasil belajar anak. Untuk mengetahui apakah memberi penghargaan terhadap usaha anak mempengaruhi hasil belajar. Untuk mengetahui apakah komunikasi orang tua mampu memicu motivasi yang mempengaruhi hasil belajar anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data presentase. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn pada salah satu SMP Kota Jambi dengan subjek penilitianya di sekolah daerah Jambi dengan teknik simple random sampling dengan rumus presentasi,sedadangkan polpulasi dalam penelitian ini ialah 100 orang siswa dengan sampel 33 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil presentasi peran komunikasi orang tua terhadap hasil belajar anak yang didapat sebesar 33,2% dimana hasil ini tergolong rendah. Hasil presentasi didapat berdasarkan penyebaran angket. Tinggi rendahnya hasil belajar yang di dapatkan oleh anak di sekolah tidak dipengaruhi oleh komunikasi orang tua.Downloads
Published
2022-06-07
How to Cite
Silaban, . F. S. ., Sinaga, F. Y. ., Apriani, I. ., Ningsih, R. J. ., Gustidila, S. A. ., Wahyuni, H. ., & Gutji, N. . (2022). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 822–828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4557
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Febrina S Silaban, Fery Yakob Sinaga, Ika Apriani, Rina Julia Ningsih, Sukma Aulia Gustidila, Hera Wahyuni, Nelyahardi Gutji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).