Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Febrina S Silaban Universitas Jambi
  • Fery Yakob Sinaga Universitas Jambi
  • Ika Apriani Universitas Jambi
  • Rina Julia Ningsih Universitas Jambo
  • Sukma Aulia Gustidila Universitas Jambi
  • Hera Wahyuni Universitas Jambi
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4557

Abstract

Komunikasi keluarga terhadap anak memberikan dampak terhadap hasil belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang tidak terlepas dari peran guru sebagai pihak yang mengajar dan membimbing siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang terhadap hasil belajar anak. Untuk mengetahui apakah memberi penghargaan terhadap usaha anak mempengaruhi hasil belajar. Untuk mengetahui apakah komunikasi orang tua mampu memicu motivasi yang mempengaruhi hasil belajar anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data presentase. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn pada salah satu SMP Kota Jambi dengan subjek penilitianya di sekolah daerah Jambi dengan teknik simple random sampling dengan rumus presentasi,sedadangkan polpulasi dalam penelitian ini ialah 100 orang siswa dengan sampel 33 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil presentasi peran komunikasi orang tua terhadap hasil belajar anak yang didapat sebesar 33,2% dimana hasil ini tergolong rendah. Hasil presentasi  didapat berdasarkan penyebaran angket. Tinggi rendahnya hasil belajar yang di dapatkan oleh anak di sekolah tidak dipengaruhi oleh komunikasi orang tua.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Silaban, . F. S. ., Sinaga, F. Y. ., Apriani, I. ., Ningsih, R. J. ., Gustidila, S. A. ., Wahyuni, H. ., & Gutji, N. . (2022). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 822–828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4557

Most read articles by the same author(s)