Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Nurhalimah Nurhalimah Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8595

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena model pembelajaran ceramah yang ditetapkam oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajarn sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran pakem berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Experimmental Design Populasi dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yaitu One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 124394 Pematangsiantar yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t yang menggunakan paired sample test maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,00<0,05 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulannya ini terdapat pengaruh model pembelajaran pakem terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas III 124394 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Nurhalimah, N., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2527–2535. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8595

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2