Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 2 Siswa Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8486Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan model examples non examples terhadap hasil belajar Tema 2 Subtema 2 Siswa Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran examples non examples pada kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran dengan kelas pembelajaran konvensional pada kelas V di SD Negeri 098019 Simpang Panei. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas pertama kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Prosedur penelitian meliputi observasi, pelaksanaan tindakan, dan analisis data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran sebanyak 23 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 098019 Simpang Panei sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi perbedaan terhadap hasil belajar tematik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran examples non examples dan kelas kontrol pembelajaran konvensional tanpa menggunakan model examples non examples. Dimana kelas eksperimen nilai rata- rata hasil posttest lebih tinggi yakni 81,17 dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil posttest dari kelas kontrol yakni 74,50, dengan nilai rata-rata pretest 68,70 dari kelas eksperimen dan nilai rata-rata pretest 63,25 dari kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model examples non examples memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Panggabean, N. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 2 Siswa Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2001–2015. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8486
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurmaida Panggabean, Muktar Panjaitan, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).