Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keragaman Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8184Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keragaman siswa kelas IV SD Swasta Hkbp Tomuan Pematangsiantar, pada bulan September 2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimental Pretest- Posttest Control Group Design dengan menggunakan sampel dalam penelitian. Populasi penelitian peserta didik di kelas IV SD Swasta Hkbp dan SD Swasta Gkps, Sampel penelitian peserta didik kelas IV SD Swasta Hkbp sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol di kelas IV SD Swasta Gkps 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dimana tes sebanyak 25 soal dan di uji cobakan sehingga mendapatkan nilai yang valid akan dijadikan tes untuk peserta didik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Berdasarkan dari hasil penelitian telah dilakukan untuk data tes hasil belajar siswa pada model pembelajaran dengan jumlah sampel 49 siswa, kemudian dapat dijumlahkan skor pretest di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,00. Posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,00. Pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 50,00. Posttest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 85,00.Downloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Harahap, D. S. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keragaman Siswa Kelas IV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 457–466. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8184
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Deviana Sari Harahap, Lisbet. N Sihombing, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).