Pengaruh Penerapan Model Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran Kabupaten Simalungun Sumatera Utara

Authors

  • Enjelina Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8485

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Word Square pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pre-Eksperimental Design dengan jenis one group pretest posttest designPopulasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 091488 Bah Sampuran tahun ajaran 2022/2023, adapun samplenya yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 23 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar, data yang diperoleh selanjutnya dianilisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yakni analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensialData analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) = 41,95 dengan persentase tingkat pemahaman 4,34% berada dalam kategori rendah dan nilai rata-rata (posttest) = 81,08 dengan persentase tingkat pemahaman 52,18% berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis setelah diperoleh thitung = 13,4217 dan ttabel = 0,4973 maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,4217 > 0,4973. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model  Word Square memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Siregar, E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Penerapan Model Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 091488 Bah Sampuran Kabupaten Simalungun Sumatera Utara . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1989–2000. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8485

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2