Penaruh Model Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada Kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya

Authors

  • Yesi Tri Cayani Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet N. Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8406

Abstract

Penelitian ini betujuan mengetahui pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 hidup rukun dengan teman bermaian pada kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Desain yang dipakai untuk penelitian ini yaitu  Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian kelas eksperimen ini adalah siswa kelas II-A SD Negeri 091316 Pematang Raya dan sampel penelitian kelas kontrol ini merupakan siswa kelas II-B SD Negeri 091316 Pematang Raya. Sesuai analisis dan pengolahan data penelitian diperoleh hasil analisis dengan uji- t, dimana t hitung = 3,69  jika nilai signifikan (2-tail) < 0.05, jadi diperoleh perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini nilai signifikasi (2-tail)= 0.001. maka  H0 ditolak dan Ha  diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 hidup rukun dengan teman bermain pada kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Sinaga, Y. T. C. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Penaruh Model Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada Kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1469–1479. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8406

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2