Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9101Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV dan keterampilan komunikasi terhubung. Hal ini dicapai melalui penelitian korelasional, atau kuantitatif, yang menggunakan “sampel purposive”. Tiga puluh siswa dipilih secara acak untuk proses ini. Studi perguruan tinggi ini menguji hubungan antara motivasi siswa dan keterampilan komunikasi guru. Hal ini terlihat pada data yang dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengungkapkan bahwa ada korelasi antara kedua faktor ini. Hal ini didukung oleh hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa uji F tabel menghasilkan skor sebesar 6,415. Selain itu, dapat dilihat dari data ini bahwa tabel F menghasilkan nilai 28 ketika 4,020 diinput. Analisis data membuktikan bahwa 4.020 lebih unggul dari 6.415, yang ditunjukkan oleh hasil F hitung. Ini berarti H1 adalah jawaban yang benar dan H0 salah. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi guru yang efektif berkorelasi dengan motivasi yang lebih tinggi pada siswa kelas IV Sampuran Negeri SD 091488 BahSampuran.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Siagian, E. J. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5153–5159. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9101
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erwin Junus Siagian, Lisbet N. Sihombing, Heddy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).