Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8371Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena model pembelajaran ceramah yang diterapkan oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan Eksperimen dengan Design penelitian Pre-experimental dengan Design Metode One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun, Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t yang menggunakan paired sample test maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni Hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulan nya ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema 1 subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di SD Negeri 091522 Marubun.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Hutagaol, E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1283–1292. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8371
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elisa Hutagaol, Muktar Panjaitan, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).