Pengaruh Media Yukica (Yuk Kita Belajar Membaca) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8312Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media YUKICA dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Dan dimana jumlah populasi dan sampel siswa kelas III di SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan 20 soal pilihan berganda dan empat jawaban pilihan berganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian ini adalah media YUKICA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III yang dilihat melalui uji t hit dengan jumlah t hitung 18, 538. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media yukica dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar yang diperoleh melalui uji thitung 18,538 > ttabel 1, 699, yang dimana thitung > t tabel itu artinya bahwa HA diterima H0 ditolak, maka dapat disimpulkan media YUKICA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Sihite, O. E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Media Yukica (Yuk Kita Belajar Membaca) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1012–1020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8312
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Oktavia Elfrida Sihite, Muktar Panjaitan, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).