Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Materi Statistika Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8109Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan literasi numerasi pada masa pandemi covid 19 materi statistika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Mix Method. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket, wawancara dan observasi. Soal Tes yang digunakan adalah soal PISA yang terdiri dari 3 soal. Subjek pada penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 3 Sekolah SMA yang berbeda di Kot Bima. Subjek dipilih secara random sampling yaitu dipilih secara acak, Pemilihan subjek terdiri dari 3 Sekolah Unggul yang terdata di Kota Bima. Tekhnik analisis data dilakukan meliputi tiga proses tahapan dalam analisa data (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) konklusi data menurut interpretasi peneliti. Prosedur penelitian; 1) Persiapan Penelitian; 2) Pelaksanaan Penelitian; dan 3) Pembuatan Laporan Penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa cara dalam menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Matematika siswa yaitu dengan Terdapat beberapa cara dalam Menumbuhkan Literasi Numerasi siswa Siswa. Pada tahap awal penelitian memberikan soal yang mudah untuk merangsang siswa dalam melakukan penyelesaian masalah, selanjutnya memberikan soal yang sukar dan akhirnya sulit. Tahap kedua untuk mengembangkan literasi numerasi yaitu memberikan soal HOTS yang kontekstual dan aktual. Pada tahap terakhir yang dapat diterapkan dalam pemebelajaran matematika yaitu memberikan soal matematika statistika dalam berbagai variasi bentuk. Melalui cara ini, siswa diharapkan bisa mengekspesikan kemampuan numerasinya secara menyeluruh. Hasil yang diperoleh dari pekerjaan siswa menunjukkan bahwa dari ke-3 sekolah tersebut terdapat pertumbuhan yang signifikan dari sebelum perlakukan dan setelah diberikan perlakuan dengan taraf sigifigkansiDownloads
Published
2022-10-31
How to Cite
Ramdhani, L. ., Fauzi, A. ., Salahuddin, M. ., & Rahman, S. . (2022). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Materi Statistika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8529–8541. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8109
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lisda Ramdhani, Azra Fauzi, Muhammad Salahuddin, Syahrul Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).