Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Materi Statistika Siswa SMA

Authors

  • Lisda Ramdhani STKIP Harapan Bima
  • Azra Fauzi STKIP Harapan Bima
  • Muhammad Salahuddin STKIP Harapan Bima
  • Syahrul Rahman STKIP Harapan Bima

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menumbuhkembangkan literasi numerasi pada masa pandemi covid 19 materi statistika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Mix Method. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket, wawancara dan observasi. Soal Tes yang digunakan adalah soal PISA yang terdiri dari 3 soal. Subjek pada penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 3 Sekolah SMA yang berbeda di Kot Bima. Subjek dipilih secara random sampling yaitu dipilih secara acak, Pemilihan subjek terdiri dari 3 Sekolah Unggul yang terdata di Kota Bima. Tekhnik analisis  data  dilakukan  meliputi  tiga  proses  tahapan  dalam  analisa  data  (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) konklusi data menurut interpretasi peneliti. Prosedur penelitian; 1) Persiapan Penelitian; 2) Pelaksanaan Penelitian; dan 3) Pembuatan Laporan Penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa cara dalam menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Matematika siswa yaitu dengan Terdapat beberapa cara dalam Menumbuhkan Literasi Numerasi siswa Siswa. Pada tahap awal penelitian memberikan soal yang mudah untuk merangsang siswa dalam melakukan penyelesaian masalah, selanjutnya memberikan soal yang sukar dan akhirnya sulit. Tahap kedua untuk mengembangkan literasi numerasi yaitu memberikan soal HOTS yang kontekstual dan aktual. Pada tahap terakhir yang dapat diterapkan dalam pemebelajaran matematika yaitu memberikan soal matematika statistika dalam berbagai variasi bentuk. Melalui cara ini, siswa diharapkan bisa mengekspesikan kemampuan numerasinya secara menyeluruh. Hasil yang diperoleh dari pekerjaan siswa menunjukkan bahwa dari ke-3 sekolah tersebut terdapat pertumbuhan yang signifikan dari sebelum perlakukan dan setelah diberikan perlakuan dengan taraf sigifigkansi

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ramdhani, L. ., Fauzi, A. ., Salahuddin, M. ., & Rahman, S. . (2022). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Materi Statistika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8529–8541. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8109