Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6310Abstract
Pendidikan pada hakikatnya harus kontekstual dan tidak terlepas dari permasalahan dunia nyata peserta didik. Keikutsertaan dunia nyata peserta didik dalam aktivitas pembelajaran akan mempermudah pemahaman peserta didik dalam konsep pembelajaran yang diampuh. Salah satu pendekatan yang efektif dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika adalah pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika menggunakan pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Â Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen analisis lembar artikel. Sumber data penelitian ini berasal dari pelbagai bahan pustaka dari online dan offline. Data-data yang digunakan berupa angka-angka dan kalimat berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan RME dalam memahami konsep matematika pada pembelajaran matematika berdampak positif. Adapun dampak positif yang didapatkan yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam belajar, siswa bebas mengeksplorasi pengetahuan dan menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal baru. Dampak dari penggunaan pendekaatan RME memberikan kompetensi khusus bagi siswa yaitu menemukan dan memahami konsep materi belajar lebih mendalam. Pemahaman tersebut digunakan siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual. Siswa mencari dan memperoleh caranya sendiri yang telah dipahami dan dimengerti. RME menuntut siswa lebih mandiri dan tidak lepas dari kehidupan nyata yang tidak terlepas dengan kehidupan sehari-harinya.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Juliawan, R. ., Haris, . A. ., Salahuddin, M. ., & Sari, I. P. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2605–2611. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6310
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizcky Juliawan, A. Haris, Muhammad Salahuddin, Ika Purnama Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).