Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5863Abstract
Salah satu tujuan pendidikan matematika adalah untuk mengembangkan keterampilan berpikir pada siswa. Siswa diharapkan memiliki keterampilan berpikir yang meliputi berpikir kritis, kreatif, reflektif, sistematis, logis, dan kemampuan bekerjasama yang efektif. Berpikir reflektif memiliki peranan penting sebagai sarana berpikir untuk menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri. Subyek penelitian adalah dua orang siswa SMPN 1 Woha dengan kemampuan tinggi dan kemampuan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil analisa jawaban siswa terhadap Tugas Pemecahan Masalah (TPM) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir reflektif pada siswa dengan kemampuan tinggi yaitu, (1) informasi atau data yang digunakan untuk merespon berasal dari dalam diri (internal), (2) siswa dapat menjelaskan apa yang telah dilakukan, (3) siswa dapat menyadari kesalahan dan memperbaikinya, (4) siswa dapat mengkomunikasikan ide dengan simbol atau gambar. Pada siswa berkemampuan rendah, (1) siswa belum bisa menjelaskan tentang bagaimana menghubungkan identifikasi fakta, identifikasi pertanyaan, dan kecukupan data dengan informasi yang dimiliki, (2) siswa masih kesulitan dalam menjelaskan apa yang telah dilakukan, (3) siswa belum dapat menyadari kesalahan yang dilakukan dan kesulitan dalam memperbaikinya, (4) siswa kesulitan dalam mengkomunikasikan ide dengan simbol atau gambar.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Salahuddin, M. ., & Ramdhani, . L. . (2022). Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 266–2673. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5863
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Salahuddin, Lisda Ramdhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).