The Correlation Between Foreign Language Speaking Anxiety and Students’ Achievement
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7116Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Kecemasan Berbicara Bahasa Asing dengan Prestasi Belajar Siswa pada siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Karawang dengan populasi penelitian kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non eksperimen berupa penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes berbicara. Dari kedua instrumen tersebut didapatkan hasil uji normalitas dengan nilai sig. 0,067>?, dan hasil uji homogenitas dengan nilai sig. 0,156>?, dari kedua uji prasyarat tersebut dipastikan data penelitian adalah parametrik. Selanjutnya hasil uji linieritas dengan nilai sig. 0,191>?, dan hasil uji hipotesis atau uji korelasi didapatkan hasil yang sig. 0,825<?. Setelah semua tes dilakukan, peneliti menarik kesimpulan penelitian bahwa tidak ada hubungan antara Kecemasan Berbicara Bahasa Asing dengan Prestasi Belajar Siswa.Downloads
Published
2022-09-28
How to Cite
Damayanti, . S. N., & Al-Baekani, A. K. . (2022). The Correlation Between Foreign Language Speaking Anxiety and Students’ Achievement. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3280–3288. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7116
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sinta Nurul Damayanti, Abdul Kodir Al-Baekani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









