The Correlation Between Foreign Language Speaking Anxiety and Students’ Achievement

Authors

  • Sinta Nurul Damayanti Singaperbangsa Karawang University
  • Abdul Kodir Al-Baekani Singaperbangsa Karawang University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7116

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Kecemasan Berbicara Bahasa Asing dengan Prestasi Belajar Siswa pada siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Karawang dengan populasi penelitian kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non eksperimen berupa penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes berbicara. Dari kedua instrumen tersebut didapatkan hasil uji normalitas dengan nilai sig. 0,067>?, dan hasil uji homogenitas dengan nilai sig. 0,156>?, dari kedua uji prasyarat tersebut dipastikan data penelitian adalah parametrik. Selanjutnya hasil uji linieritas dengan nilai sig. 0,191>?, dan hasil uji hipotesis atau uji korelasi didapatkan hasil yang sig. 0,825<?. Setelah semua tes dilakukan, peneliti menarik kesimpulan penelitian bahwa tidak ada hubungan antara Kecemasan Berbicara Bahasa Asing dengan Prestasi Belajar Siswa.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Damayanti, . S. N., & Al-Baekani, A. K. . (2022). The Correlation Between Foreign Language Speaking Anxiety and Students’ Achievement. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3280–3288. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7116