Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 124405 Kota Pematangsiantar

Authors

  • Indra Teja Kusuma [email protected]
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7929

Abstract

Penelitian eksperimen ini betujuan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar pada siswa. Pada jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimen (eksperimen semu). Kemudian desain penelitian ini berbentuk One shot case study. Desain Penelitian ini sangat sederhana karena peneliti hanya satu kali melakukan perlakuan (treatment). Subjek penelitina ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 124405 Pematangsiantar, dimana terdapat 11 siswa laki-laki dan juga terdapat 9 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa pada materi pembelajaran tematik di kelas V. Hal tersebut dilihat dari nilai dari hasil presentase angket pada pemberian ice breaking 90% siswa memiliki nilai yang sangat “baik” sedangkan sisanya 10% memiliki nilai dengan kategori “baik” dan pada pemberian angket minat belajar siswa, memiliki hasil presentase nilai 100%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa nilai t tabel 2,758 > t hitung 2,073 dan nilai sig 0,013< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_o ditolak dan H_a diterima. Yang berarti bahwa pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas V  SD Negeri 124405 Kota Pematangsiantar memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Kusuma, I. T. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 124405 Kota Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7797–7805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7929

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2