Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang

Authors

  • Eriyanti Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Tematik subtema hidup rukun di sekolah pada siswa kelas 2 UPT SD Negeri 13 Pahang. Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2A dan kelas 2B UPT SD Negeri 13 Pahang sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan realibilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa: adanya pengaruh metode Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa subtema hidup rukun di sekolah pada kelas 2 UPT SD Negeri 13 Pahang. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, di mana Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan metode Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode Think Pair Share.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Nainggolan, E. ., Sidabutar, Y. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7072–7082. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>