Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal terhadap Hasil Belajar Service Forehand dalam Tenis Meja di SMPN 3 Karawang Timur

Authors

  • Helmy Mufadilah hamda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aria Yuda Kusuma Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7675

Abstract

Pembelajaran metode resiprokal sangat lah penting bagi peserta didik untuk meningkatkan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran service forehand secara berulang kali maka siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar service forehand dalam tenis meja di SMPN 3 Karawang Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil adalah 33 siswa pada pembelajaran tenis meja, dan penelitian ini menggunakan teknik sampel yang digunakan ialah random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah di hitung dan dianalisis oleh peneliti, adanya pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar service forehand dalam tenis meja. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan test service forehand. Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran resiprokal dalam hasil belajar tenis meja di SMPN 3 Karawang Timur, terbukti benar dengan hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel yaitu 6.659 > 2.037. dari hasil mean pretest diketahui bahwa mean pretest adalah 10.85 dan postest 13.8 (meningkat sebesar 27,4%) sehinga terjadi peningkatan presentase sebesar 3.0 sehingga hipotesis dalam penelitian ini (Ho) diterima di SMPN 3 Karawang Timur.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

hamda, H. M. ., Nasution, N. S. ., & Kusuma, A. Y. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal terhadap Hasil Belajar Service Forehand dalam Tenis Meja di SMPN 3 Karawang Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6137–6143. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7675