Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal terhadap Hasil Belajar Service Forehand dalam Tenis Meja di SMPN 3 Karawang Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7675Abstract
Pembelajaran metode resiprokal sangat lah penting bagi peserta didik untuk meningkatkan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran service forehand secara berulang kali maka siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar service forehand dalam tenis meja di SMPN 3 Karawang Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil adalah 33 siswa pada pembelajaran tenis meja, dan penelitian ini menggunakan teknik sampel yang digunakan ialah random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah di hitung dan dianalisis oleh peneliti, adanya pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar service forehand dalam tenis meja. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan test service forehand. Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran resiprokal dalam hasil belajar tenis meja di SMPN 3 Karawang Timur, terbukti benar dengan hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel yaitu 6.659 > 2.037. dari hasil mean pretest diketahui bahwa mean pretest adalah 10.85 dan postest 13.8 (meningkat sebesar 27,4%) sehinga terjadi peningkatan presentase sebesar 3.0 sehingga hipotesis dalam penelitian ini (Ho) diterima di SMPN 3 Karawang Timur.Downloads
Published
2022-10-19
How to Cite
hamda, H. M. ., Nasution, N. S. ., & Kusuma, A. Y. . (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal terhadap Hasil Belajar Service Forehand dalam Tenis Meja di SMPN 3 Karawang Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6137–6143. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7675
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Helmy Mufadilah hamda, Nana Suryana Nasution, Aria Yuda Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).