Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan terhadap Kemampuan Passing Kaki Bagian dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa SMPN 1 Tegal Buleud

Authors

  • Sandi Ardiansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran passing berpasangan terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa SMPN 1 Tegal Buleud. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C dengan jumlah sampel 29 orang menggunakan random sampling. Dengan 10 kali pertemuan 2 kali diantaranya pretest dan posttest untuk mengukur tes awal dan tes akhir. Dalam melakukan tes awal di dapat nilai pretest dengan skor 528 dan posttest dengan total skor sebesar 639. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pembelajaran passing berpasangan terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam permainan sepak bola berhasil mengalami peningkatan dengan t-hitung yang dihasilkan adalah 13,213 dan t-tabel 2,048 dengan nilai P= 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t-hitung > t-tabel dan probabilitas signifikan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang nyata antara hasil pembelajaran passing berpasangan terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada data pretes dan posttest. Sehingga passing berpasangan memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa SMPN 1 Tegal Buled.

Downloads

Published

2022-09-10

How to Cite

Ardiansyah, S. ., Syafei, M. M. ., & Nasution, N. S. . (2022). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan terhadap Kemampuan Passing Kaki Bagian dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa SMPN 1 Tegal Buleud. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1066–1072. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6734