Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5274Abstract
Masalah penelitian ini adalah keterampilan berbicara pada materi memperagakan paparan iklan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk keliat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat, sedangkan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh (seluruh populasi adalah sampel). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan perekaman. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta teknik analisis uji t jenis uji yang digunakan yaitu t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai tes akhir rata-rata siswa sebesar 81,21 lebih besar dari hasil rata-rata siswa tes awal 60,69. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Oleh karena itu, thitung dengan nilai 8,32 lebih besar dibandingkan ttabel dengan nilai 2,01. Sehingga dapat dinyatakan bahwa rata-rata penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat efektif digunakan.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural.Downloads
Published
2022-07-07
How to Cite
Husnah, R. ., Armariena, D. N. ., & Rizhardi, R. . (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 562–567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5274
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rumiatul Husnah, Dian Nuzulia Armariena, Rury Rizhardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).