Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat

Authors

  • Rumiatul Husnah UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5274

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keterampilan berbicara pada materi memperagakan paparan iklan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk keliat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat, sedangkan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh (seluruh populasi adalah sampel). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan perekaman. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta teknik analisis uji t jenis uji yang digunakan yaitu t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai tes akhir rata-rata siswa sebesar 81,21 lebih besar dari hasil rata-rata siswa tes awal 60,69. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Oleh karena itu, thitung dengan nilai 8,32 lebih besar dibandingkan ttabel dengan nilai 2,01. Sehingga dapat dinyatakan bahwa rata-rata penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe struktural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat efektif digunakan.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural.

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Husnah, R. ., Armariena, D. N. ., & Rizhardi, R. . (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 02 Lubuk Keliat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 562–567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5274

Most read articles by the same author(s)