Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang

Authors

  • Kamila Anggita Pramesti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ferry Perdiansyah [email protected]
  • Elang Wibisana Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Desain. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cogreg 1 dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 58 siswa yaitu kela V B yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas V C yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes pemahaman konsep berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis pretes ini menghitung dengan bantuan SPSS 23 diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,882 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,12 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media audiovisual dengan siswa kelas eksperimen yang diberikan mediaaudiovisual terhadap pemahaman konsep IPA. Hal ini dapat diartikan media Audiovisual lebih tinggi dari pada tidak mengunakan media audiovisual.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Pramesti, K. A. ., Perdiansyah, F. ., & Wibisana, E. . (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5484–5491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7535