Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7535Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Desain. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cogreg 1 dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 58 siswa yaitu kela V B yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas V C yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes pemahaman konsep berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis pretes ini menghitung dengan bantuan SPSS 23 diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,882 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,12 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media audiovisual dengan siswa kelas eksperimen yang diberikan mediaaudiovisual terhadap pemahaman konsep IPA. Hal ini dapat diartikan media Audiovisual lebih tinggi dari pada tidak mengunakan media audiovisual.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Pramesti, K. A. ., Perdiansyah, F. ., & Wibisana, E. . (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5484–5491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7535
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kamila Anggita Pramesti, Ferry Perdiansyah, Elang Wibisana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).