Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang

Authors

  • Rizki Zuliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Siti Robiah Al Damiyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ferry Perdiansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil yang diperoleh pada test keterampilan berpikir kritis siswa ialah kemampuan berpikir kritis sangat tinggi 4 orang, kemampuan berpikir kritis tinggi 3 orang, kemampuan berpikir kritis sedang 2 orang, dan kemampuan berpikir kritis rendah 1 orang. Dan dengan adanya model Cooperative Learning Tipe Group Investigation siswa lebih aktif belajar, pembelajaran menjadi menyenangkan, tidak membosankan, sangat efektif diterapkan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Zuliani, . R., Al Damiyah, S. R. ., & Perdiansyah, F. . (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6543–6547. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6526