Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6526Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil yang diperoleh pada test keterampilan berpikir kritis siswa ialah kemampuan berpikir kritis sangat tinggi 4 orang, kemampuan berpikir kritis tinggi 3 orang, kemampuan berpikir kritis sedang 2 orang, dan kemampuan berpikir kritis rendah 1 orang. Dan dengan adanya model Cooperative Learning Tipe Group Investigation siswa lebih aktif belajar, pembelajaran menjadi menyenangkan, tidak membosankan, sangat efektif diterapkan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Zuliani, . R., Al Damiyah, S. R. ., & Perdiansyah, F. . (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6543–6547. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6526
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Zuliani, Siti Robiah Al Damiyah, Ferry Perdiansya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).